[DIARY JOBSEEKER] #MenujuIndonesiaMaju Dengan Menjadi Blogger

sumber : kominfo.malangkota.co.id

Pernah waktu itu wawancara kerja di BNI Syariah buat posisi ODP (cerita bisa dibaca disini ya), usernya nanya kaya gini ke saya:

“Kenapa masih setia nulis di blog? Kan sekarang sudah zamannya Vlog atau video di Youtube? Apa masih ada yang baca?”

Dengan tegas saya menjawab :

“Karena saya hobi menulis dan blog adalah jiwa saya. Meskipun memang sekarang zamannya vlog dan banyak yang melihat youtube, tapi peminat pembaca blog tidak kalah banyak juga”.


Kenapa saya bisa berkata seperti itu?

Karena masih banyak orang yang berkunjung ke blog saya, bahkan ada juga yang sampai mengirimi saya email atau pesan melalui DM di instagram saya. Hal tersebut sudah cukup membuktikan bahwa masih banyak orang yang membaca dan memerlukan informasi dari blog saya ini (cerita bisa dibaca disini ya).

Alasan lain yang membuat saya masih tetap ngeblog selain karena pembaca yang setia dengan blog ini juga karena blog itu simple.

Sesimple kita nulis apa yang kita pikirkan, edit, kemudian posting. Mau cantik lagi bisa ditambahin foto. Lebih cantik bisa ditambahin video. Tuh, malah paket komplit banget bisa ngasah kemampuan nulis, fotografi, dan videografi sekaligus. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan hanya “NGEBLOG” ternyata.

Masih kurang manfaatnya? Tenang saya bisa kasih lagi manfaat lain dari Ngeblog yaitu bisa menambah penghasilan.

Kalo kalian punya blog dan udah nemu gaya tulisan serta tema dari blog kalian, tawaran meriview barang akan datang dengan sendirinya. Nah, penghasilan kalian sebagai blogger datang dari riview tersebut. Cuma nulis dan posting bisa dapet duit, kurang enak apalagi itu.

Eh, tapi ada syaratnya.

Kalian harus rajin posting, yah minimal seminggu sekali biar pembaca blog kalian gak lupa kalo blog kalian itu ada. Kalian juga harus sering-sering promoin blog kalian di sosial media, yah siapa tau aja kan temen kalian iseng buka dah lumayan ningkatin statistik pembaca. Jangan lupa juga blogwalking biar kalian juga terkenal didunia perblogan. Lebih mantap lagi kalo kalian ikutan komunitas blog, kalian bisa sharing disana mengenai dunia perblogan.

Acara Flash Blogging

Ngomong-ngomong soal komunitas blog, hari ini saya diberi kesempatan hadir di acara Flash Blogging yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Kominfo RI dengan Dinas Kominfo Kota Malang yang dihadiri oleh 55 blogger di Malang raya. Acara ini juga menghadirkan narasumber-narasumber kece seperti Mbak Mira Sahid owner Komunitas Emak Blogger yang membawakan materi Ide Kreatif Menulis Blog, Bapak Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden yang membawakan materi Sudut Istana, dan Prof. Henry Subiakto MA dari Staff Ahli Menkominfo yang akan membawakan materi Bijak Bermedia Sosial.

Dalam acara yang bertema “Menuju indonesia Maju”, saya banyak sekali mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk menambah skill ngeblog saya seperti manfaat blog yang selain saya ceritakan diatas ternyata ngeblog juga bisa menjadi tempat kita untuk Personal Branding. Manfaat personal brandingnya ketika kamu daftar pekerjaan, siapa tau user perusahaan dimana tempat kamu mendaftar mencari informasimu melalui blog, tanpa kamu harus berkata panjang lebar kamu bisa langsung menuliskannya dan user akan membacanya. Lebih mudah bukan?

Selain itu, saya juga dapat pelajaran bahwa menulis postingan di blog itu gak hanya sekedar nulis tapi sebagai blogger yang baik kita juga harus memikirkan isi tulisan kita tersebut, kalo Mbak Mira menyingkatnya dengan :

T is it True? Apakah tulisan yang kita posting itu benar, tidak hoax?

H is it Hurtful? Apakah tulisan yang kita tulis tersebut menyakitkan salah satu pihak?

I is it Illegal? Apakah tulisan yang kita tulis itu tidak copas dan tidak menyalahi aturan?

N is it Necessary? Apakah tulisan yang kita tulis itu bermanfaat bagi orang lain?

K is it Kind? Apakah tulisan yang kita tulis santun?

Loh, shya kamu bilang tinggal mikir nulis terus posting? Kalo gini kan susah?

Oke, kita kembali lagi ketujuan awal bahwa kita mencari keberuntungan menjadi bloggerkan? Apa kita mau menjadi blogger yang gak berkualitas? Kalo gak berkualitas ya gimana tawaran riview dateng? Kalo jadi blogger copas dan gak berkualitas gimana bisa mewujudkan Menuju Indonesia Maju?

Buat kalian-kalian dan saya sendiri sih tentunya yang belum dapet kerjaan cobalah keberuntungan menjadi blogger. At least, seperti yang saya sampaikan diatas kita bisa membranding diri kita. Apalagi kalo kita rajin posting dan rajin membuat konten-konten baru, saya yakin sih kita gak hanya bisa menciptakan lapangan kerja buat diri kita sendiri tapi juga bisa menciptakan lapangan kerja buat orang lain melalui BLOG dan kita bisa mewujudkan Menuju Indonesia Maju melalui blog.

So, tunggu apa lagi? Jangan pernah sia-siakan kesempatan apapun dan sekecil apapun. Jangan lupa pepatah yang mengatakan “Hasil tidak akan menghianati Usaha”

Sampai Jumpa
Semoga Bahagia

You Might Also Like

5 komentar

  1. Haha, bener uga shya hahaha. Kalo jadi blogger kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. #MenujuIndonesiaMaju

    BalasHapus
  2. Manggut-manggut dewe setelah membaca arti dari setiap kata dar THINK itu. Baiq. saya coba terapkan!

    BalasHapus
  3. Aku sih emang hobby baca apa lagi baca blog

    BalasHapus
  4. pengen ikut tapi jauh banget

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)