Ternyata Bikin NPWP Online Itu So Easy

by - 9:00:00 AM


pict : bagikeunlagi.com

Ada yang bertanya-tanya kah apa itu NPWP?

Jadi NPWP itu kepanjangannya Nomor Pokok Wajib Pajak. Taukan bayar Pajak itu wajib (dalam hal ini konteksnya penghasilan ya bukan kendaraan, kendaraanpun juga wajib sih) buat kita yang menerima penghasilan kena pajak dari suatu perusahaan atau dari usaha kita sendiri. Nah NPWP ini nanti gunanya buat ngidentifikasi orang-orang atau badan yang wajib bayar pajak.

Siapa aja sih orang yang wajib bayar pajak?

Nah yang ini kamu bisa baca di webnya pajak ya di sini https://www.online-pajak.com/id/wajib-pajak-orang-pribadi . Nanti kalo saya jelasin panjang dan ya saya belum tentu bener nangkepnya, jadi dipahami sendiri aja ya say hehe.

Terus kenapa kita wajib sih bayar pajak?

Ya intinya pajak itu pendapatannya negara bahkan pendapatan terbesarnya negara. Terus pendapatannya ini buat apa? Buat bangun jalan, bangun daerah tertinggal di Indonesia dlll. Makanya bayar pajak itu wajib. Ibarat sedekahlah, ada beberapa persen dari penghasilan kita itu adalah hak orang lain.

Nah, sekarang Dirjen perpajakan itu ngasih kemudahan buat kita-kita nih yang tinggalnya jauh dari domisili atau istilahnya merantau (soalnya kalo bikin NPWP harus di kantor pajak domisili dan gak boleh diwakilin) buat bikin NPWP via online, jadi kita gak usah datang ke kantor pajaknya dan bisa dilakuin dimanapun kita berada asal ada laptop sama internet. Ya pengalaman aja ya, jadi saya sekarang lagi di Jakarta, Alhamdulillah baru dapet kerja terus sama perusahaannya diminta bikin NPWP. Sebelumnya saya belum pernah bikin NPWP, kalo saya pulang ke Ngawi kaya berat diongkos gitu. Akhirnya saya nanya temen saya yang anak pajak, nanya grup, dan nanya gugel akhirnya terpecahkanlah masalah saya untuk bikin NPWP yaitu via online, dan begini caranya (ini daftar untuk yang pribadi dan bukan ikut suami alias masih single kaya saya haha) :

Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahannya yaitu laptop, internet, email, dan scan KTP

Buat akun di Ereg Pajak

Kalian buka alamat (https://ereg.pajak.go.id/login) terus klik daftar dibagian paling bawah, isi email dan password.

Pas bikin akun itu kalian harus sambil buka email ya, soalnya nanti kaya ada verifikasi gitu yang dikirim via email.

Pendaftaran NPWP

Nah, setelah kalian kelar bikin akun masuk ke Ereg lagi terus login. Nanti dihalaman utamanya kalian pilih Pendaftaran terus pilih Pendaftaran NPWP.

Ini tampilan isian Pendaftaran NPWP (pict : pajakbro.com)

Kalian nanti bakalan disuguhin sama 9 status progres gitu, disana kalian diwajibin ngisi dari yang nomer satu sampai sembilan gak boleh ada yang terlewati (khusus alamat usaha kalo kita bukan daftarin buat usaha kita gak usah diisi). Saya lupa apa isiannya, pokoknya ada nama, nominal penghasilan, scan KTP, dll. Isiannya mudah kok, gak kaya quiz dadakan dosen. Oh iya, untuk statusnya kalian pilih pusat ya, kalo kalian masih single.

Jangan lupa, cek email terus soalnya ada beberapa yang verifikasinya kaya via email gitu. Kalo email belum masuk refresh terus.

Kirim Permohonan

Setelah kalian selesai ngisi formulir dari nomer satu sampai nomer sembilan, nanti terakhir bakalan muncul tampilan yang sebelah kanan ada tulisan edit-token-kirim. Kalo kalian mau edit informasi bisa pilih edit, kalo ngerasa sudah betul semua di formulirnya bisa klik token. Nanti nomer token bakalan di kirim via email. Buka email, copy nomer tokennya. Kemudian kembali ke halaman dashbord pendaftaran NPWP klik yang kirim lalu paste nomer token yang tadi kita copy dan klik kirim permohonan. Nanti permohonan kalian bakalan langsung terkirim ke KPP di domisili kalian dan tunggu permohonan tersebut disetujui. Nanti kalo udah disetujui bakalan ada email lagi mengenai nomer NPWP kalian.

Kalo kalian gak keburu-buru, kartu NPWP bakalan dianterin ke rumah kalian maksimal seminggu setelah pendaftaran. Tapi kalo kalian keburu-buru kalian bisa minta tolong keluarga kalian yang ada di daerah domisili buat ke KPP yang ada di domisili kalian dan minta kartu NPWPnya. Kalo pengalaman saya sih gak perlu bawa apa-apa buat ambil kartunya cuma nyebutin namanya aja. Dan voilaaa, kartu NPWP kalian sudah jadi.

Gimana? So easy kaan? Gak usah capek-capek ngantri dan isi formulir pake tulis tangan di KPPnya, dari rumah sambil dengerin yutuppun bisa daftar NPWP. Ya semua serba canggih, dan pemerintah ngasih kemudahan buat kita biar kita gak males bayar pajak haha.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

0 comments

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)